
Dewasa ini, masyarakat Indonesia makin mencari-cari motor dengan
konsumsi bahan bakar yang minim alias “irit”.
Disamping isu kenaikan bahan bakar minyak, pencemaran
lingkungan
dan kenaikan harga sejumlah bahan pokok juga menjadi alasannya.
Selain irit, performa mesin dan harga menjadi
pertimbangan penting dalam memilih sutu kendaraan.
Skuter matik menjadi pilihan banyak masyarakat
Indonesia karena kemudahan , kelincahan, dan efisiensinya.
Untuk itu, Yamaha mempersembahkan motor matik terbaru Yamaha Mio
J. Dengan tagline "Semakin Cepat Semakin Irit...It’s
Magic” Mio J hadir dengan segala ke”magic”an motor matik, yaitu :
1 Irit
Mio J irit karena
ditunjang rangkaian sistem yang diaplikasikan pada mesin, yaitu Low Friction
Technology, DiAsil Cylinder dan Forged Piston, Fuel Pump dan YMJET-FI (Yamaha
Mixture JET-Fuel Injection).
Low Friction
Technology dikembangkan untuk mengurangi segala jenis friksi atau gesekan. Efek
panas pada mesin pun lebih rendah sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit
disebabkan suhu mesin yang terkontrol dengan baik. Hal ini diaplikasikan pada
bagian Cam Shaft (Ditambahkan Bearing khusus) dan Cranksaft Assy sehingga
putarannya lebih lembut dan effect panasnya sangat rendah. Sistem
pendinginannya-pun dilengkapi dengan Turbo Fan yang mampu mendinginkan mesin
dengan cepat.
DiAsil Cylinder
dan Forged Piston memberikan manfaat kompresinya tinggi dan piston clearance
stabil. Kompresi tinggi dapat dijelaskan dari material DiAsil Cylinder yang
tidak full besi tapi dicampur dengan silikon sehingga saat terjadi tekanan atau
kompresi, dinding DiAsil Cylinder jadi lebih dinamik (dindingnya fleksibel). Sedangkan
kestabilan piston clearance dikarenakan jarak antara Forged Piston dan dinding
DiAsil Cylinder terjaga. Jadi tidak akan terjadi kerusakan pada dinding DiAsil
Cylinder dan Forged Piston.
Fuel Pump pada
Mio J yang sangat compact (padat), low electricity consumption (konsumsi energi
listrik rendah), serta good fuel consumption (mampu mengontrol injeksi bensin
dari tangki ke area mesin) sehingga membuat Mio J semakin irit.
YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet – Fuel
Injection) adalah teknologi injeksi terbaru dari Yamaha yang menghasilkan
pembakaran sempurna, tenaga yang maksimal namun sangat irit BBM dan ramah
lingkungan. YMJET-FI juga menjamin penyemprotan bensin dijamin lebih
akurat, sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan YMJET-FI konsumsi bahan
bakar sangat efisien di putaran rendah hingga menengah.
Selain itu, masih
ada pula ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja sangat cerdas. Sistem ini
secara akurat akan menerima berbagai informasi penting dari sensor yang
tertanam pada beberapa bagian penting mesin.
Diantaranya, sensor
TPS (Throttle Position Sensor), IATS (Intake Air Sensor), IAPS (Intake Air Pressure
sensor), ISC (Idle Speed Sensor), O2 sensor, serta Crank Angle Sensor. Kesemua
sensor itu merespon dan memberi instruksi secara cepat dan akurat kepada
injektor mesin agar menyuplai bahan bakar sesuai kebutuhan, sehingga tetap irit
walau bertenaga penuh.
Salah satu
rahasia di balik konsumsi bahan bakar yang irit pada teknologi YMJET-FI, ini
terletak pada posisi injektor yang mengarah langsung ke ruang bakar. Kondisi
teknis ini membuat aliran tidak tersumbat.
Selain itu, pada
teknologi YMJET-FI juga disematkan sistem Air Assist Passage (jalur udara
khusus pada sistem YMJET-FI). Sistem ini bekerja mengarahkan suplai udara
secara cepat dan menciptakan efek turbulensi yang membuat campuran bahan bakar
dan udara menjadi mudah dibakar di dalam ruang bakar.
Bahkan untuk
situasi berkendara yang cenderung “ekstrem” sekalipun, seperti percepatan,
deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol secara imbang kebutuhan
bensin dan udara tetap pada kondisi ideal.
Tingkat iritnya Yamaha
Mio J ini mencapai 30% dibanding motor matik pada umumnya. Untuk 1 liter bahan
bakar dapat mencapai jarek tempuh 70-77 km jika dibandingkan dengan motor matik
pada umumnya yang hanya 60 km.
Selain itu,
kapasitas tangki bensinnya cukup besar, yaitu 4.8 liter sehingga pengguna tak
perlu sering-sering mengisi bahan bakar.
Cepat
"Semakin Cepat Semakin Irit...It’s Magic” adalah tagline yang tepat untuk menggambarkan Yamah Mio J karena meskipun motor matik, namun motor ini dapat melaju kencang hingga kecepatan putaran 5.000 rpm , yaitu lebih dari 100 km/jam.
Mesin Mio J
menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan
berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di
putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.
Teknologi YMJET-FI
membuat Mio J menjadi motor matik yang secepat jet selincah mio. Mio adalah
skuter matik milik merek dagang Yamaha yang sudah terkenal keunggulannya di
kalangan masyarakat.
Murah dan Desain Memikat
Tak banyak produsen motor matic yang menyediakan fitur irit, cepat, murah, dan desain yang memikat. Namun Yamaha hadir dengan keempat fitur tersebut. Beruntung kini di pasar nasional telah tersedia skuter matic Yamaha Mio J terbaru. Dengan sepeda motor tersebut konsumen bisa meraih manfaat teknologi irit bahan bakar, harga murah, dan desain memikat.
Desain Mio J
secara keseluruhan pun menarik. Update sesuai zaman untuk menyesuaikan dengan
konsumen yang sudah cerdas dalam memilih motor. Desainnya mengambil aliran
garis yang tidak terputus dari bodi depan ke bodi belakang sehingga menciptakan
kesan harmonis. Sporty, canggih dan dinamis.
Permukaan bodinya
tidak datar tapi memiliki sentuhan lekukan-lekukan yang menimbulkan efek
bayangan bernuansa elegan dan berkualitas tinggi. Titik-titik menonjol Mio J
secara keseluruhan dapat dilihat pada bodi belakang, spack board, leg shield
dan head lamp.
Yamaha
menyediakan dua tipe yang bisa dipilih, yaitu Mio J Family dan Mio J Teen.
Mio J Family,
didesain untuk kalangan umum atau keluarga yang ingin tampil dinamis, sporti,
elegan, dan simpel. Ada lima varian pilihan untuk tipe Family, yaitu warna putih,
hijau, biru, hitam, dan merah
Desain Mio J Teen
sangat cocok buat anak-anak muda yang ingin tampil gaya, sporti, dan dinamis.
Desain Mio J Teen
sangat unik, yakni berdasarkan 3-tone
color combination. Ada tiga warna dasar berbeda dalam satu produk itu, yang dapat
dilihat pada cover depan dan cover head lamp; spack board depan, cover sayap
samping dan cover body belakang; cover body bagian bawah.
Aplikasi tiga
warna dasar berbeda pada bagian-bagian motor tersebut nyata tampak pada lima
varian Mio J Teen. Varian pertama yang menjadi hero bike berwarna dasar hitam -
putih - merah. Yang lainnya berwarna hitam – hijau – abu-abu muda; putih – biru
– abu-abu muda; putih – hitam – abu-abu muda; dan putih – merah – abu-abu muda.
Untuk harga on
the road Jakarta, Mio J-FI dibanderol seharga Rp 11.990.000, Mio J CW-FI
harganya Rp 12.800.000, Mio J-CW Teen FI seharga Rp 12.930.000. harga tersebut selisih
jauh jika dibandingkan dengan skuter matic lain yang mencapai 16-17 juta
rupiah.
Info mengenai
sepeda motor Yamaha dapat dikunjungi di http://www.yamaha-motor.co.id/
Fitur-fitur lainnya
Selain irit, cepat, murah, serta desain yang memikat, Yamaha Mio J juga mempunya fitur-fitur lain diantaranya :
Ketinggian jok rendah sehingga dapat mengakomodir siapa saja yang mengendarai maupun sekedar memboncengnya.
Menggunakan teknologi injeksi jadi tidak perlu membersihkan karburator. Servisnya pun cepat karena akinya kering, jadi tidak perlu dicek setiap minggu.
Bagasi Mio J luasnya 8 liter, sehingga bisa menyimpan banyak barang seperti jas hujan, sepatu ganti dan tas kecil, dll.
Tangki bahan bakarnya cukup besar, yaitu 4.8 liter. Sehingga tidak perlu sering-sering mengisi bahan bakar.
Joknya yang panjang memudahkan dalam membawa boncengan.
Mio J juga dilengkapi key shutter (kunci magnet) yang meningkatkan perlindungan sepeda motor dari aksi pencurian. Karena itu, ketika parkir Anda tak perlu lagi was-was.
Apa Itu Sistem Injeksi dan YMJET-FI ?
Sistem injeksi dan sistem karburator sejatinya
adalah sistem yang sama yang berguna untuk mencampur bahan bakar dengan udara
yang kemudian ‘dikirimkan’ ke ruang bakar sehingga terjadi proses pembakaran
dan menimbulkan tenaga yang kemudian disalurkan melalui rantai atau tali kipas
(pada sepeda motor jenis skutik). Yang berbeda antara karburator dan injeksi
adalah metode pencampuran dan penyuplaian bahan bakar ke ruang bakar. Pada
karburator, proses pencampuran dan penyuplaian bahan bakar mengandalkan
kevakuman yang terjadi pada blok silinder, jadi ketika piston bergerak ‘turun’
dan mengakibatkan kevakuman pada ruang bakar, maka bahan bakar akan masuk
melalui saluran masukan (intake manifold). Sehingga
peran karburator ini tergantung dari kondisi yang terjadi pada ruang bakar.
Pada teknologi injeksi, proses pencampuran dan penyuplaian tidak lagi mengandalkan mekanisme pada blok silinder, melainkan sudah terencana. Proses penyuplaian diatur secara elektronik oleh ECU (Engine Control Unit), suatu mikro komputer cerdas yang bekerja sebagai otak yang berfungsi mengirimkan sinyal kepada injektor untuk menyemprotkan bahan bakar di saat yang tepat. Saat yang tepat yaitu sebelum mengirimkan sinyal kepada injektor, ECU akan memeriksa kondisi sekitar, seperti kondisi suhu udara, putaran mesin, beban putaran, dan sebagainya, untuk menghasilkan campuran yang ideal. Tentu saja campuran ini akan lebih efesien saat dialkukan pembakaran, jadi tidak akan terjadi kekurangan atau penggunaan bahan bakar yang berlebih ketika proses pembakaran, sehingga teknologi ini menjadi ramah lingkungan. Peran ECU dan injektor sangat membantu pengendara ketika menghidupkan mesin saat cuaca dingin atau di pagi hari karena kecerdasannya dalam penyesuaian dengan kondisi suhu udara.
Sedangkan YMJET-FI adalah teknologi injeksi
milik pabrikan motor terkemuka Yamaha yang mempunyai kelebihan yang mungkin
tidak dapat ditemukan pada teknologi injeksi lainnya, seperti mengubah campuran bahan bakar dan udara
menjadi kabut sebelum disuplai ke ruang bakar, hasilnya bahan bakar semakin
mudah terbakar sehingga bahan bakar menjadi lebih efisien dan lebih ramah
lingkungan, karena gas hasil pembakaran terbakar lebih sempurna.
Bagaimana Cara Perawatannya ?
Cara perawayan Yamaha Mio J tidaklah sulit, adanya sistem penyuplai bahan bakar karburator, Yamaha Mio J semakin mudah dan murah dalam perawatan. Mudah karena menggunakan sistem penyuplai bahan bakar karburator, yaitu untuk membersihkan sistem penyuplai bahan bakar tak lagi harus membongkar seluruh komponen penyuplai tersebut, namun cukup dengan membersihkan komponen saringan udara saja sehingga lebih mudah dan mengefesiensikan waktu perawatan. Layanan dalam penjualannya sudah tidak diragukan lagi, anda dapat dengan mudah menemukan bengkel-bengkel resmi Yamaha di seluruh pelosok negeri dengan ketersedian sparepart yang siap sedia, didukung dengan keandalan para mekaniknya. Bukan itu saja, Andapun dapat mengecek ketersedian sparepart (suku cadang) termasuk mengontrol harga jual sparepart tersebut secara online melalaui situs: http://www.yamaha-motor.co.id/spare-parts/.
So, apa lagi yang musti dipertanyakan pada Mio J. Motor matic ini akan membuktikan diri sebagai sepeda motor praktis, ekonomis, dan berkemampuan tinggi.
Motor matic injeksi irit harga murah?? Ya Mio J pilihannya.