The Real Me

Nur laila Mahmudah

Kamis, 12 Juli 2012

“Motor matic injeksi irit harga murah – Yamaha Mio J”

Add Logo Yamaha Writing Competition Dewasa ini, masyarakat Indonesia makin mencari-cari motor dengan konsumsi bahan bakar yang minim alias “irit”. Disamping isu kenaikan bahan bakar minyak, pencemaran lingkungan dan kenaikan harga sejumlah bahan pokok juga menjadi alasannya.
Selain irit, performa mesin dan harga menjadi pertimbangan penting dalam memilih sutu kendaraan.
Skuter matik menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia karena kemudahan , kelincahan, dan efisiensinya.
Untuk itu, Yamaha mempersembahkan motor matik terbaru Yamaha Mio J. Dengan tagline "Semakin Cepat Semakin Irit...It’s Magic” Mio J hadir dengan segala ke”magic”an motor matik, yaitu :
1                    Irit
Mio J irit karena ditunjang rangkaian sistem yang diaplikasikan pada mesin, yaitu Low Friction Technology, DiAsil Cylinder dan Forged Piston, Fuel Pump dan YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-Fuel Injection).
Low Friction Technology dikembangkan untuk mengurangi segala jenis friksi atau gesekan. Efek panas pada mesin pun lebih rendah sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit disebabkan suhu mesin yang terkontrol dengan baik. Hal ini diaplikasikan pada bagian Cam Shaft (Ditambahkan Bearing khusus) dan Cranksaft Assy sehingga putarannya lebih lembut dan effect panasnya sangat rendah. Sistem pendinginannya-pun dilengkapi dengan Turbo Fan yang mampu mendinginkan mesin dengan cepat.
DiAsil Cylinder dan Forged Piston memberikan manfaat kompresinya tinggi dan piston clearance stabil. Kompresi tinggi dapat dijelaskan dari material DiAsil Cylinder yang tidak full besi tapi dicampur dengan silikon sehingga saat terjadi tekanan atau kompresi, dinding DiAsil Cylinder jadi lebih dinamik (dindingnya fleksibel). Sedangkan kestabilan piston clearance dikarenakan jarak antara Forged Piston dan dinding DiAsil Cylinder terjaga. Jadi tidak akan terjadi kerusakan pada dinding DiAsil Cylinder dan Forged Piston.
Fuel Pump pada Mio J yang sangat compact (padat), low electricity consumption (konsumsi energi listrik rendah), serta good fuel consumption (mampu mengontrol injeksi bensin dari tangki ke area mesin) sehingga membuat Mio J semakin irit.
YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet – Fuel Injection) adalah teknologi injeksi terbaru dari Yamaha yang menghasilkan pembakaran sempurna, tenaga yang maksimal namun sangat irit BBM dan ramah lingkungan. YMJET-FI juga menjamin penyemprotan bensin dijamin lebih akurat, sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan YMJET-FI konsumsi bahan bakar sangat efisien di putaran rendah hingga menengah.
Selain itu, masih ada pula ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja sangat cerdas. Sistem ini secara akurat akan menerima berbagai informasi penting dari sensor yang tertanam pada beberapa bagian penting mesin.
Diantaranya, sensor TPS (Throttle Position Sensor), IATS (Intake Air Sensor), IAPS (Intake Air Pressure sensor), ISC (Idle Speed Sensor), O2 sensor, serta Crank Angle Sensor. Kesemua sensor itu merespon dan memberi instruksi secara cepat dan akurat kepada injektor mesin agar menyuplai bahan bakar sesuai kebutuhan, sehingga tetap irit walau bertenaga penuh.
Salah satu rahasia di balik konsumsi bahan bakar yang irit pada teknologi YMJET-FI, ini terletak pada posisi injektor yang mengarah langsung ke ruang bakar. Kondisi teknis ini membuat aliran tidak tersumbat.
Selain itu, pada teknologi YMJET-FI juga disematkan sistem Air Assist Passage (jalur udara khusus pada sistem YMJET-FI). Sistem ini bekerja mengarahkan suplai udara secara cepat dan menciptakan efek turbulensi yang membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi mudah dibakar di dalam ruang bakar.
Bahkan untuk situasi berkendara yang cenderung “ekstrem” sekalipun, seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol secara imbang kebutuhan bensin dan udara tetap pada kondisi ideal.
Tingkat iritnya Yamaha Mio J ini mencapai 30% dibanding motor matik pada umumnya. Untuk 1 liter bahan bakar dapat mencapai jarek tempuh 70-77 km jika dibandingkan dengan motor matik pada umumnya yang hanya 60 km.
Selain itu, kapasitas tangki bensinnya cukup besar, yaitu 4.8 liter sehingga pengguna tak perlu sering-sering mengisi bahan bakar.
  
Cepat

"Semakin Cepat Semakin Irit...It’s Magic” adalah tagline yang tepat untuk menggambarkan Yamah Mio J karena meskipun motor matik, namun motor ini dapat melaju kencang hingga kecepatan putaran 5.000 rpm , yaitu lebih dari 100 km/jam. 
Mesin Mio J menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.
Teknologi YMJET-FI membuat Mio J menjadi motor matik yang secepat jet selincah mio. Mio adalah skuter matik milik merek dagang Yamaha yang sudah terkenal keunggulannya di kalangan masyarakat.

Murah dan Desain Memikat

Tak banyak produsen motor matic yang menyediakan fitur irit, cepat, murah, dan desain yang memikat. Namun Yamaha hadir dengan keempat fitur tersebut. Beruntung kini di pasar nasional telah tersedia skuter matic Yamaha Mio J terbaru. Dengan sepeda motor tersebut konsumen bisa meraih manfaat teknologi irit bahan bakar, harga murah, dan desain memikat.
Desain Mio J secara keseluruhan pun menarik. Update sesuai zaman untuk menyesuaikan dengan konsumen yang sudah cerdas dalam memilih motor. Desainnya mengambil aliran garis yang tidak terputus dari bodi depan ke bodi belakang sehingga menciptakan kesan harmonis. Sporty, canggih dan dinamis. 
Add Image Yamaha Writing Competition

Permukaan bodinya tidak datar tapi memiliki sentuhan lekukan-lekukan yang menimbulkan efek bayangan bernuansa elegan dan berkualitas tinggi. Titik-titik menonjol Mio J secara keseluruhan dapat dilihat pada bodi belakang, spack board, leg shield dan head lamp.
Yamaha menyediakan dua tipe yang bisa dipilih, yaitu Mio J Family dan Mio J Teen.
Mio J Family, didesain untuk kalangan umum atau keluarga yang ingin tampil dinamis, sporti, elegan, dan simpel. Ada lima varian pilihan untuk tipe Family, yaitu warna putih, hijau, biru, hitam, dan merah
 Add Image
Yamaha Writing Competition

Desain Mio J Teen sangat cocok buat anak-anak muda yang ingin tampil gaya, sporti, dan dinamis.
Add Image
Yamaha Writing Competition

Desain Mio J Teen sangat unik, yakni  berdasarkan 3-tone color combination. Ada tiga warna dasar berbeda dalam satu produk itu, yang dapat dilihat pada cover depan dan cover head lamp; spack board depan, cover sayap samping dan cover body belakang; cover body bagian bawah.
Aplikasi tiga warna dasar berbeda pada bagian-bagian motor tersebut nyata tampak pada lima varian Mio J Teen. Varian pertama yang menjadi hero bike berwarna dasar hitam - putih - merah. Yang lainnya berwarna hitam – hijau – abu-abu muda; putih – biru – abu-abu muda; putih – hitam – abu-abu muda; dan putih – merah – abu-abu muda.
Untuk harga on the road Jakarta, Mio J-FI dibanderol seharga Rp 11.990.000, Mio J CW-FI harganya Rp 12.800.000, Mio J-CW Teen FI seharga Rp 12.930.000. harga tersebut selisih jauh jika dibandingkan dengan skuter matic lain yang mencapai 16-17 juta rupiah.
Info mengenai sepeda motor Yamaha dapat dikunjungi di http://www.yamaha-motor.co.id/

 Fitur-fitur lainnya

Selain irit, cepat, murah, serta desain yang memikat, Yamaha Mio J juga mempunya fitur-fitur lain diantaranya :

Ketinggian jok rendah sehingga dapat mengakomodir siapa saja yang mengendarai maupun sekedar memboncengnya.

Menggunakan teknologi injeksi jadi tidak perlu membersihkan karburator. Servisnya pun cepat karena akinya kering, jadi tidak perlu dicek setiap minggu.

Bagasi Mio J luasnya 8 liter, sehingga bisa menyimpan banyak barang seperti jas hujan, sepatu ganti dan tas kecil, dll.

Tangki bahan bakarnya cukup besar, yaitu 4.8 liter. Sehingga tidak perlu sering-sering mengisi bahan bakar.

Joknya yang panjang memudahkan dalam membawa boncengan.

Mio J juga dilengkapi key shutter (kunci magnet) yang meningkatkan perlindungan sepeda motor dari aksi pencurian. Karena itu, ketika parkir Anda tak perlu lagi was-was.

Apa Itu Sistem Injeksi dan YMJET-FI ?
Sistem injeksi dan sistem karburator sejatinya adalah sistem yang sama yang berguna untuk mencampur bahan bakar dengan udara yang kemudian ‘dikirimkan’ ke ruang bakar sehingga terjadi proses pembakaran dan menimbulkan tenaga yang kemudian disalurkan melalui rantai atau tali kipas (pada sepeda motor jenis skutik). Yang berbeda antara karburator dan injeksi adalah metode pencampuran dan penyuplaian bahan bakar ke ruang bakar. Pada karburator, proses pencampuran dan penyuplaian bahan bakar mengandalkan kevakuman yang terjadi pada blok silinder, jadi ketika piston bergerak ‘turun’ dan mengakibatkan kevakuman pada ruang bakar, maka bahan bakar akan masuk melalui saluran masukan (intake manifold). Sehingga peran karburator ini tergantung dari kondisi yang terjadi pada ruang bakar.

Pada teknologi  injeksi, proses pencampuran dan penyuplaian tidak lagi mengandalkan mekanisme pada blok silinder, melainkan sudah terencana. Proses penyuplaian diatur secara elektronik oleh ECU (Engine Control Unit), suatu mikro komputer cerdas yang bekerja sebagai otak yang berfungsi mengirimkan sinyal kepada injektor untuk menyemprotkan bahan bakar di saat yang tepat. Saat yang tepat yaitu sebelum mengirimkan sinyal kepada injektor, ECU akan memeriksa kondisi sekitar, seperti kondisi suhu udara, putaran mesin, beban putaran, dan sebagainya, untuk menghasilkan campuran yang ideal. Tentu saja campuran ini akan lebih efesien saat dialkukan pembakaran, jadi tidak akan terjadi kekurangan atau penggunaan bahan bakar yang berlebih ketika proses pembakaran, sehingga teknologi ini menjadi ramah lingkungan. Peran ECU dan injektor sangat membantu pengendara ketika menghidupkan mesin saat cuaca dingin atau di pagi hari karena kecerdasannya dalam penyesuaian dengan kondisi suhu udara. 
Sedangkan YMJET-FI adalah teknologi injeksi milik pabrikan motor terkemuka Yamaha yang mempunyai kelebihan yang mungkin tidak dapat ditemukan pada teknologi injeksi lainnya, seperti  mengubah campuran bahan bakar dan udara menjadi kabut sebelum disuplai ke ruang bakar, hasilnya bahan bakar semakin mudah terbakar sehingga bahan bakar menjadi lebih efisien dan lebih ramah lingkungan, karena gas hasil pembakaran terbakar lebih sempurna.

Bagaimana Cara Perawatannya ?

Cara perawayan Yamaha Mio J tidaklah sulit, adanya sistem penyuplai bahan bakar karburator, Yamaha Mio J semakin mudah dan murah dalam perawatan. Mudah karena menggunakan sistem penyuplai bahan bakar karburator, yaitu untuk membersihkan sistem penyuplai bahan bakar tak lagi harus membongkar seluruh komponen penyuplai tersebut, namun cukup dengan membersihkan komponen saringan udara saja sehingga lebih mudah dan mengefesiensikan waktu perawatan. Layanan dalam penjualannya sudah tidak diragukan lagi, anda dapat dengan mudah menemukan bengkel-bengkel resmi Yamaha di seluruh pelosok negeri dengan ketersedian sparepart yang siap sedia, didukung dengan keandalan para mekaniknya. Bukan itu saja, Andapun dapat mengecek ketersedian sparepart (suku cadang) termasuk mengontrol harga jual sparepart tersebut secara online melalaui situs: http://www.yamaha-motor.co.id/spare-parts/.

So, apa lagi yang musti dipertanyakan pada Mio J. Motor matic ini akan membuktikan diri sebagai sepeda motor praktis, ekonomis, dan berkemampuan tinggi.

Motor matic injeksi irit harga murah?? Ya Mio J pilihannya.

Untuk info mengenai motor Yamaha lainnya, anda dapat mengunjungi http://www.yamaha-motor.co.id.










Material Safety Data Sheet ( MSDS )


       Asam asetat (CH3COOH)

·         Efek akut bagi kesehatan :
Sangat berbahaya jika terkena kulit (iritasi), iritasi mata, tertelan. Cairan berbahaya bagi membrane mukosa mata, mulut, dan sistem respirasi, radang pada mata (mata merah) berair dan gatal. Radang pada kulit dengan cirri-ciri gatal, memerah, dan melepuh.

·      Pertolongan pertama pada kecelakaan :
o   Kontak dengan mata : periksa dan buka lensa kontak (jika memakai), segera basuh dengan air yang cukup selama 15 menit menggunakan air yang dingin.
o   Kontak dengan kulit : segera siram dengan air yang cukup selama 15 menit dengan air yang dingin, buka pakaian yang terkena zat. Tutupi iritasi dengan kain.cuci pakaian sebelum dipakai kembali.
o   Kontak serius dengan kulit : basuh dengan sabun desinfektan dan olesi dengan krim anti bakteri. Gunakan obat dengan segera.
·      Tindakan pencegahan : jauhkan dari panas, sumber pembakaran, jangan ditelan, jangan menghirup gasnya / uap / uap air / semprotan, jangan pernah manambahkan air pada zat ini.
·      Penyimpanan : jaga agar wadah dalam keadaan dingin, simpan pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara baik, simpan dalam keadaan tertutup rapat.
·      Kekorosifan : sedikit korosif pada aluminium dan tembaga, tidak korosif pada stainless steel.

2.      Ammonium klorida ( NH4Cl )
·      Pertolongan pertama pada kecelakaan :
o  Kontak dengan mata : jika memakai lensa kontak segera lepaskan, ), segera basuh dengan air yang cukup selama 15 menit menggunakan air yang dingin.
o  Kontak dengan kulit : segera siram dengan air yang cukup selama 15 menit dengan air yang dingin, buka pakaian yang terkena zat. Tutupi iritasi dengan kain.cuci pakaian sebelum dipakai kembali. Dapatkan informasi tentang obatnya.
o  Kontak serius pada kulit : basuh dengan sabun desinfektan dan olesi dengan krim anti bakteri. Gunakan obat dengan segera.
·      Jika terjadi tumpahan :
o  Tumpahan kecil : gunakan alat yang sesuai untuk meletakkan tumpahan padat dan buang pada tempat pembuangan limbah, bersihkan dengan menyemprotkan air pada tempat yang terkena tumpahan tersebut.
o  Tumpahan banyak : gunakan sekop untuk meletakkan material pada tempat pembuangan.
·      Tindakan pencegahan : jangan ditelan, jangan diletakkan pada tempat yang berdebu, pakai pakaian yang cocok untuk melindungi, latakkan pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara baik. Jika tertelan, carilah obat yang mudah dengan segera dan lihat label pada wadah zat tersebut, hindari kontak dengan mata dan kulit. Jauhkan dari zat yang inkompatibel seperti sumber oksidasi, asam, dan alkalis.
·      Penyimpanan : simpan dalam keadaan tertutup rapat, dalam temperatur dingin, dan pada ruang yang sirkulasi udaranya baik.
·      Kekorosifan : sangat korosif pada tembaga, korosif pada steel, sedikit korosif pada aluminium dan stainless steel.

3.      Asam dihidroksi benzoate  ( C7-H6-O4 )
·      Pertolongan pertama pada kecelakaan :
o  Kontak dengan mata : jika memakai lensa kontak segera lepaskan, ), segera basuh dengan air yang cukup selama 15 menit, sebaiknya menggunakan air dingin.
o  Kontak dengan kulit : segera basuh dengan air yang cukup selama 15 menit dengan air yang dingin, buka pakaian yang terkena zat. Tutupi iritasi dengan kain.cuci pakaian sebelum dipakai kembali. Carilah informasi tentang obatnya.
o  Kontak serius dengan kulit : basuh dengan sabun desinfektan dan olesi dengan krim anti bakteri. Gunakan obat dengan segera.
o  Terhirup : jika tidak bisa bernafas, berilah nafas buatan. Jika sulit bernafas, berilah oksigen. Carilah informasi tentang obatnya.
o  Tertelan : jangan dimuntahkan, kecuali  dengan obat tertentu. Jangan pernah berikan sesuatu ke dalam mulut kecuali dalam keadaan sadar. Lepaskan ikat pinggang, sepatu, dan kerah baju. Berikan obat jika terlihat gejala serius.
·      Jika terjadi tumpahan :
o  Tumpahan kecil : gunakan alat yang sesuai untuk meletakkan tumpahan padat dan buang pada tempat pembuangan limbah, bersihkan dengan menyemprotkan air pada tempat yang terkena tumpahan tersebut.
o  Tumpahan besar : gunakan sekop untuk meletakkan material pada tempat pembuangan dan perbolehkan untuk berpindah melalui sistem yang bersih.
·      Tindakan pencegahan : simpan pada keadaan tertutup rapat, jauhkan dari panas, jauhkan dari sumber pengapian, wadah yang kosong beresiko terbakar, sisa zat ini dapat menguap, jangan dihirup, letakkan pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara baik.
·      Penyimpanan : simpan dalam keadaan tertutup rapat, dalam temperatur dingin, dan pada ruang yang sirkulasi udaranya baik.
·      Kekorosifan : tidak ada.

4.      Kalium asetas ( CH3COOK )
·      Pertolongan pertama pada kecelakaan :
o  Kontak dengan mata : jika memakai lensa kontak segera lepaskan,  segera basuh dengan air yang cukup selama 15 menit menggunakan air yang dingin. Jaga agar mata tetap terbuka, jangan gunakan obat salep.
o  Kontak dengan kulit : jika terkena kulit basuh dengan air yang cukup, beri gel dan cuci dengan air dan sabun yang tidak kesat. Hati-hati dalam membersihkan daerah lipatan. Gunakan air yang dingin. Jika terjadi iritasi, berkan obat.
o  Terhirup : biakan korban menghirup udara segar.
o  Tertelan : jangan dimuntahkan, kecuali  dengan obat tertentu. Jangan pernah berikan sesuatu ke dalam mulut kecuali dalam keadaan sadar. Lepaskan ikat pinggang, sepatu, dan kerah baju. Berikan obat jika terlihat gejala serius.
·      Jika terjadi tumpahan :
o  Tumpahan kecil : gunakan alat yang sesuai untuk meletakkan tumpahan padat dan buang pada tempat pembuangan limbah. Bila perlu, netralisir sisa dengan mencairkan asam asetat. Selanjutnya bersihkan dengan menyemprotkan air pada tempat yang terkena tumpahan tersebut.
o  Tumpahan besar : gunakan sekop untuk meletakkan material pada tempat pembuangan, netralisir dengan cairan asam asetat, bersihkan dengan menyemprotkan air dan melalui sistem yang bersih.
·      Tindakan pencegahan : jauhkan dari panas, jauhkan dari sumber pengapian, wadah yang kosong beresiko terbakar, sisa zat ini dapat menguap, jangan dihirup, letakkan pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara baik.
·      Penyimpanan : jaga wadah agar tetap kering, simpan pada tempat yang sejuk, simpan dalam keadaan tertutup rapat, dan pada ruang yang sirkulasi udaranya baik, jaukan dari sumber oksidasi.
·      Kekorosifan : tidak korosif



5.      Klorobutana ( C4H9Cl )
·      Pertolongan pertama pada kecelakaan :
o  Kontak dengan mata : jika memakai lensa kontak segera lepaskan,  segera basuh dengan air yang cukup selama 15 menit menggunakan air yang dingin. Jaga agar mata tetap terbuka, jangan gunakan obat salep
o  Kontak dengan kulit : jika terkena kulit basuh dengan air yang cukup, beri gel dan cuci dengan air dan sabun yang tidak kesat. Hati-hati dalam membersihkan daerah lipatan. Gunakan air yang dingin. Jika terjadi iritasi, berkan obat.
o  Kontak serius dengan kulit : basuh dengan sabun anti bakteri dan olesi daerah yang terkena zat dengan krim anti bakteri.
o  Terhirup : biakan korban menghirup udara segar.
o  Terhirup akut : pindahkan korban ke tempat yang terjaga dari kontaminasi zat tersebut, lepaskan ikat pinggang, sepatu, dan kerah baju, jika sulit bernafas berikan oksigen, jika korban tidak dapat bernafas nerikan nafas buatan.
o  Tertelan : jangan dimuntahkan, lepaskan ikat pinggang, sepatu, dan kerah baju, jika tidak mampu bernafas berikan nafas buatan.
·      Apabila terjadi tumpahan :
o  Tumpahan kecil : serap dengan bahan yang inert dan buang tumpahan pada tempat pembuangan yang sesuai.
o  Tumpahan besar : cairan ini mudah terbakar, jauhkan dari panas dan sumber pengapian. Jika terjadi kebocoran, serap dengan tanah atau pasir yang kering atau material lain yang tidak mudah terbakar. Jangan menyentuh zat yang tumpah ini. Cegar agar tidak masuk ke dalam selokan atau ruang kecil yang terbatas, tanggul hal tersebut bila perlu, dan matikan seluruh sumber pengapian.
·      Tindakan pencegahan : jauhkan dari panas, jauhkan dari sumber pengapian, jangan dihirup, letakkan pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara baik, lihat label pada wadah, hindai kontak dengan mata dan kulit.
·      Penyimpanan : zat ini mudah terbakar, harus disimpan pada almari atau tempat yang aman , jauhkan dari panas dan sumber pengapian, simpan pada tempat yang sirkulasi udaranya baik, kulkas dimungkinkan untuk material yang memiliki suhu dibawah 37.80 C.
·      Kekorosifan : tidak ada
·      Efek kronis bagi  manusia : zat ini beracun dan mengindikasikan penyakit liver, kerusakan membrane mukosa.